10 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

Cara memperbanyak ASI secara alami – Saat anda mulai memberikan ASI secara ekslusif untuk si kecil, maka ini adalah momen yang sangat membahagiakan. Namun, kadang ada banyak hal yang membuat ibu khawatir dan salah satunya adalah ketika ASI tidak lancar. Namun anda sebaiknya tidak lagi harus khawatir lagi, karena setidaknya ada beberapa hal yang bisa anda lakukan diantaranya adalah :

Cobalah Untuk Memperbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Ada beberapa diantara anda yang kadang melupakan salah satu faktor yang sangat mendasar ini. Dan ASI yang sebenarnya berbahan dasar air, sehingga sangat disarankan untuk anda mulai perbanyak mengkonsumsi air putih sehingga ASI bisa lancar terus, bisa berkualitas, melimpah dan juga kental. Dengan mengkonsumsi air putih dengan rutin dan juga mengkombinasikannya dengan jus sayur serta buah juga sangat baik untuk membanyak ASI dengan cara yang alami

Seringlah Untuk Menyusui Si Kecil

Selain dengan mengkonsumsi air putih dengan cara yang teratur, ada hal lain yang sering Mom and Dad lupakan, yaitu anda sangat sering melupakan frekuensi sesering apa anda menyusui. Tujuannya adalah agar ASI yang dihasilkan jauh lebih banyak dan kental saat setelah anda melahirkan. Dengan kata lain, semakin sering anda memberikan ASI maka akan semakin banyak juga produksinya, dengan demikian ASI akan terus dirangsang sehingga akan menghasilkan banyak ASI. Anda juga tidak harus menjadwalkan kapan waktu pemberian ASI. Namun yang harus anda ketahui adalah bayi biasanya meminta ASI setidaknya 2 hingga 3 jam satu kali.

Menyusui dengan bergantian payudara

Selanjutnya adalah masih lanjutan dari tips sebelumnya, agar anda bisa mendapatkan ASI yang banyak secara alami setelah melahirkan, maka ada baiknya untuk anda memberikan ASI pada si kecil dengan jadwal yang sering. Anda juga harus memastikan jika si kecil diberikan ASI secara bergantian dari payudara anda. Anda juga harus menyusui si kecil hingga payudara terasa benar – benar – benar kosong, kemudian anda bisa menggantinya dengan payudara yang masih penuh. Tujuannya adalah agar payudara terus melimpah setelah kosong.

Lakukan pemijitan dan membersihkan bagian payudara

Anda harus melakukan proses pemijitan payudara dengan tujuan agar bisa mendapatkan ASI dengan jumlah yang lebih banyak. Dan ini adalah hal baik untuk membuat si kecil bisa mendapatkan ASI ekslusif, cara yang bisa anda lakukan diantaranya adalah :

· Anda bisa melakukan proses pemanasan dengan menghangat bagian payudara anda menggunakan handuk hangat setidaknya 2 menit dengan mengulangnya selama 4 hingga 5 kali

· Lalu anda bisa melakukan proses pemijitan pada bagian puting dengan cara yang berlahan dari atas ke bawah

· Untuk bagian areola, anda bisa memijitnya juga dengan bagian atas dan bawah lalu ke kiri dan kekanan selama kurang lebih 5 higga 6 kali untuk semua payudara anda

· Dan yang terakhir, cobalah untuk memijat melinggar bagian payudara dengan sesuai dengan bentuk payudara sekitar 5 hingga 6 kali. Anda bisa melakukan gerakan spiral menuju ke areola selama kurang lebih 3 hingga 4 kali. Dan anda bisa melakukan proses pemijatan ini disemua payudara anda.

Setelah proses pemijitan maka anda bisa melakukan proses pemijitan dengan tidak boleh menyabuni bagian payudara dan areola untuk bisa menghindari kemungkinan puting kering dan menjadi kaku.

Lakukan teknik menyusui dengan benar

Untuk posisi pada saat anda menyusui si kecil haruslah benar, dimana anda harus meletakkan anak menempel pada ibunya. Untuk bagian mulut dan dagu dari anak anda usahakan untuk menempel pada bagian payudara anda. Sedangkan untuk mulut bayi usahakan terbuka lebar sehingga sebagian besar dari areola anda tertutup mulut bayi dengan tepat. Sedangkan untuk posisi dari puting dan lengan bayi ada baiknya berada pada satu garis yang lurus sehingga anaka anda akan jauh lebih leluasa saat akan menyusui ASI dengan pelan dan juga jauh lebih kuat.

Hidarilah Menggunakan DOT pada si kecil

Jika anda membiasakan anak menghisap ASI dengan menggunakan DOT, maka baisanya anak akan menolak saat anda memberikan ASI dari puting anda. Hal ini karena saat mereka menggunakan dot untuk meminum ASI dengan botol maka ini jauh lebih mudah menurut mereka daripada mereka harus menyusui dengan langsung dari puting. Sehingga ada baiknya tips sebelumnya yang menjelaskan mengenai teknik dalam menyusui untuk anda lakukan latihan, sehingga anak bisa terbiasa menyusui dari payudara anda.

Pompalah ASI Setelah anda menyusui

Cara memperbanyak ASI secara alami ini sebenarnya sangat bayi untuk ibu yang bekerja dan memudahkan anda saat bekerja. Anda bisa melakukan kegiatan memompa ASI jika anda merasa payudara anda belum terasa kosong saat setelah menyusui bayi sebelum berangkat kerja. Jika anda adalah pekerja, maka ada baiknya memompa ASI setidaknya 15 menit setiap beberapa jam sekali pada saat anda bekerja.

Anda harus mengkonsumsi makanan yang banyak bisa memperbanyak ASI

Pada saat anda sudah mulai menyusui, maka ada baiknya untuk memiliki sumber makanan yang bisa memperlancar ASI anda sehingga ASI bisa keluar dengan lebih banyak. Cara memperbanyak ASI secara alami ini dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kandunganbaik untuk memperlancarASI anda. Dan ada baiknya juga jangan membatasi. Dan ada baiknya untuk lebih banyak mengkonsumsi daun katuk dan daun pepaya agar anda bisa memproduksiASI dalam jumlah yang lebih banyak.

Tak masalah jika mengkonsumsi Suplemen Perbanyak ASI

Jika memang dirasa benar – benar terpaksa maka anda bisa mengkonsumsi suplemen untuk menambah ASI. Dan ada banyak sekali bentuk dari suplemen ini, ada yang dalam bentuk herbal, teh,tablet hingga kapsul. Dan bisa memilihnya dengan tepat, namun sangat disarankan sebelum memilih untuk anda konsumsi lakukanlah konsultasi terlebih dahulu jenis dari suplemen penambah dan perbanyak ASI yang anda akan konsumsi ke dokter anda. Dengan demikian maka akan jauh lebih aman untuk anda mengkonsumsi ASI.

Cobalah Untuk Menghindari Stress

Suasana hati anda sebagai seorang ibu yang sedang menyusui sebenarnya sangatlah berpengaruhi dengan jumlah ASI yang anda keluarkan. Dan kondisi yang memabut anda tidak nyaman ini bisa menyebabkan ASI anda berkurang dan bahkan tak jarang anda tidak bisa mengeluarkan ASI sama sekali untuk si kecil. Hal ini benar – benar tidak baik untuk anak anda yang baru lahir. Akhirnya membuat mereka tidak bisa mendapatkan ASI ekslusif. Sehingga kondisi yang nyaman dan juga tenang juga harus anda rasakan, tapi bukan hanya pada ibu tapi juga harus ada dukungan dari keluarga anda. Dan biasanya suami adalah orang yang paling memahami anda, dan sebaiknya anda meminta bantuannya sehingga anda bisa terhindar dari rasa stress.

Karena ayah adalah orang yang harus mendukung ibu sehingga bisa merasakan lebih nyaman saat akan menyusui, sehingga ada baiknya ayah melakukan perannya juga. Ada beberapa informasi yang bisa didapatkan melalui internet mengenai peran ayah selama masa ibu menyusui. Anda bisa melakukan langkah positifnya dengan tujuan untuk membuat Cara memperbanyak ASI secara alami.